farfromfearless

Sistem Operasi Pertemuan 1 Session 1

  • Posted: September 28, 2015
  • |
  • Author: keithharrisk
  • |
  • Filed under: Sistem Operasi
  • |
  • Tags: No tags set for this entry.

SISTEM OPERASI
Pertemuan 1 Session 1

Computer and Operating System Overview

Keith Harris Kristanto – 1701355665

Dalam Sistem Computer terdapat element dasar / basic element yang berupa :

  • Processor
    Komponen utama pada komputer dan merupakan sebuah otak komputer karena tanpa adanya processor komputer tidak bisa jalan atau tidak berfungsi.
  • Main Memory
    Main memory mempunyai primary memory contohnya adalah RAM . Primary memory dapat diakses dengan cepat dan bersifat volatile yang artinya informasi tidak bersifat permanen / bisa hilang.
  • i/o Module
    i/o Module
    memiliki secondary memory yang fungsi kerjanya diakses secara lambat dan bersifat non-volatile yang artinya informasinya tetap tersimpan ketika komputer telah dimatikan.
  • System Bus
    Komunikasi atau kombinasi antara Processor , Main Memory dan i/o Module.

PC (Program Counter) adalah register yang menunjukan ke instruksi berikutnya yg harus di ambil dan di jalankan.
IR (Instuction Register) adalah registrasi yang menyimpan instruksi yg sedang di jalankan.
MAR (Memory Address Register) adalah registrasi yg digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU  atau menampung data  yg akan direkam ke memori utama yg akan diambil dari hasil oleh pengolah CPU.
MBR (Memory Buffer Register) adalah suatu register yang berfungsi untuk memuat isi informasi yang akan dituliskan ke memori atau baru saja dibaca dari memori pada alamat yang ditunjukkan oleh isi MAR (Memory Address Register) , atau untuk menampung data dari memori.
I/O AR (I/O Address Register) bertujuan menspesifikasikan perangkat I/O yang akan diakses.
I/O BR (I/O Buffer Register) bertujuan menyimpankan data yang akan dituliskan di port atau data yang akan disalin oleh port yang ditunjukan oleh I/O AR.

FDE (Fetch Decode Execute)

lol

Cara Kerjanya adalah Memori dan PC akan mengambil insruksi atau bisa disebut Fetch dan selanjutnya akan dikirim data dari PC dan diterima oleh IR (langkah ini disebut Decode) dan langkah terakhir akan di execute oleh IR.

Memory Hierarcy

Memori yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Tipe Cacte Memory

cpumemory.2

  • L1
    cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Dan fungsinya adalah sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
  • L2
    terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal.Dan fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.
  • L3
    Hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsi  L3 cache memori khusus yang bekerja tangan-di-tangan dengan L1 dan L2 cache untuk meningkatkan kinerja komputer. L1, L2 dan L3 cache yangpemrosesan komputer unit ( CPU ) cache, ayat-ayat jenis lain dalam sistem cache seperti hard disk cache.

Computer Hardware and Software Structure

lol2

OS Service

  1. Program Development
  2. Program execution
  3. Access to i/o device
  4. System access
  5. Error detect and response

Evolusi dari OS

  1. Serial processing
  2. Simple batch system
  3. Multi programming
  4. Time sharing system
  5. Multi processor system

SISTEM OPERASI
Pertemuan 1 Session 2

File System

Keith Harris Kristanto – 1701355665

File System

File System/sistem berkas adalah struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada harddisk.
Dalam File System, terdapat berbagai jenis-jenisnya dan penggunaan algoritma yang berbeda. Semakin baru jenis dari sebuah File System, maka semakin bagus pula kualitas dari File System tersebut.

Berikut ini beberapa jenis File System :

  1. FAT 16 adalah sebuah tipe file system yang dikenalkan kepada public pada jaman MSDOS. FAT 16 menggunakan cluster address 16 bit
  2. FAT 32 adalah sebuah tipe file sistem pengembangan dari file sistem FAT 16.
  3. NTFS adalah file system yang digunakan pada windows berbasis NT (NT, 2000, XP, 2003, Vista).
  4. Ext2 (2rd Extented) adalah file system yang ampuh di linux. EXT2 juga merupakan salah satu file system yang paling ampuh dan menjadi dasar dari segala distribusi linux
  5. Ext 3 (3rd Extended) adalah peningkatan dari EXT2 file sistem.
  6. Ext 4 (4rd Extended) dirilis secara komplit dan stabil berawal dari kernel 2.6.28 jadi apabila distro anda yang secara default memiliki versi kernel tersebuat atau di atas nya otomatis system anda sudah support ext4 (dengan catatan sudah di include kedalam kernelnya) selain itu versi e2fsprogs harus mengunakan versi 1.41.5 atau lebih.
  7. Swap adalah File System yang tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan data, tetapi sebagai virtual memory, yaitu sebagai pembantu kinerja dari si memory

Tipe-tipe File :

  1. Regular Files
    • Beberapa sistem operasi menggunakan extension untuk menerjemahkan filenya.
    • regular file akan berisi 0 atau lebih blok pada file system tapi hanya menempati 1 inode.
  2. Directories
    Pengertian Directory / bisa disebut folder adalah daftar isi dari suatu media penyimpanan komputer seperti hardisk, CD/DVD, dan sebagainya. Pada directory terdapat informasi nama, ukuran, tipe, waktu pembuatan, serta informasi lainnya dari suatu file.
  3. Links
    • hardlinks, link hanya antara file saja di dalam 1 file sistem yang sama
    • softlinks , link yang dapat di jabarkan oleh file sistem.
  4. Special Files
    File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer. File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.
  5. Name Pipes
    Biasanya disebut sebagai Special Files FIFO karena data akan di read berurutan dari data yang pertama yang di write ke pipe .
  6. Access File Name
    Menggunakan absolute pathname dimulai dari root sampai file yang diinginkan dan menggunakan relative pathname dimulai dari posisi sekarang.

No comments as yet.

Anonymous - Gravatar

No comments have yet been made to this posting.

Commentors on this Post-

Leave a Comment-

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). All line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. Keep it PG-13 people!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

All fields marked with "*" are required.